Penerapan E-Commerce sebagai Upaya Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan

 

Penelitian ini telah Dipresentasikan pada Seminar Nasional Teknologi Informasi di Universitas Sahid (Usahid) Jakarta, Januari 2007

Abstrak:

Penggunaan e-commerce di Indonesia masih sangat terbatas. Berdasarkan survey awal masih relatif sedikit perusahaan yang menggunakan e-commerce sebagai sarana untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji tentang motif serta manfaat yang dirasakan oleh perusahaan yang telah menerapkan penggunaan e-commerce dalam kepentingan bisnis. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang motif perusahaan dalam menggunakan e-commerce. Temuan ini sangat penting terutama dalam upaya memberikan informasi yang lebih jelas tentang dasar pertimbangan dalam menggunakan e-commerce dan memanfaatkannya sebagai sarana keunggulan bersaing.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa perusahaan sebagai obyek penelitian, yang merupakan perusahaan yang sudah menggunakan layanan e-commerce yang targetnya langsung kepada konsumen dimana perusahaan yang peneliti teliti tersebar di kota kota besar di Indonesia. Adapun sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 27 perusahaan yang bergerak dibidang Jasa dan Dagang dengan kisaran tingkat omzet perusahaan perbulan adalah sebesar 10 juta sampai dengan 100 juta.

Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : Berdasarkan analisis deskriptif faktor motif dapat disimpulkan bahwa faktor yang melandasi perusahaan terdorong menggunakan e-commerce terdiri dari enam faktor yaitu yang menjadi harapan tertinggi bagi para perusahaan ketika ingin menerapkan e-commerce : Mengakses Pasar global sebesar 56%, Mempromosikan produk sebesar 63%, Membangun Merk sebesar 56%, Mendekatkan dengan pelanggan sebesar 74%, Membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan sebesar 63% dan Memuaskan pelanggan sebesar 56%. Dan berdasarkan analisis yang kedua yaitu analisis deskritpif faktor manfaat yang diperoleh perusahaan dengan adanya penerapan e-commerce terdiri dari dua faktor yaitu yang menjadi manfaat terbesar perusahaan setelah menerapkan e-commerce yaitu Kepuasan konsumen sebesar 74% dan Keunggulan bersaing sebesar 81%.

Artikel Penelitian Lengkap dapat di Download disini -> artikel-penelitian-penerapan-e-comerce.pdf

About Luciana Spica Almilia

Peneliti dan Dosen Tetap Jurusan Akuntansi (STIE Perbanas Surabaya)
This entry was posted in Publikasi Penelitian SI - Seminar Nasional. Bookmark the permalink.

15 Responses to Penerapan E-Commerce sebagai Upaya Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan

  1. Natalia says:

    alow bu.. saya ingin bertanya, apakah saya bisa pakai artikel ini untuk skripsi saya? saat ini saya sendang ambil skripsi. dan mau ambil topik ttg sistem informasi. thx =)

  2. Tommi says:

    bu saya sangat tertarik dng riset ibu judul diatas. saya juga mau melakukan research untuk s2 dan melakuakn perbandingan E-Commerce dan e-business. saya sudah coba download file ibu tapi gak bisa kebuka. apakah bisa ibu mengirimkan ke email saya bu sebagai referensi saya mengerjakan research saya. makasih sebelumnya

  3. liatacky says:

    saya tertarik dengan skripsi ibu, bolehkah saya mengambil topik yang sama?
    kalau boleh saya juga ingin mengetahui contact person ibu. terimakasih

  4. a moy liang says:

    selamat sore,maaf apakah saya bisa meminta bantuan?!saya mahasiswi yang 3mester ini harus segera lulus kuliah sedangkan saya tersandung masalah karena pembimbing sudah tidak mau membimbing lagi,apakah ibu/ bapak mau membantu saya memberikan topik skripsi. saya jurusan ekonomi manajemen bisnis internasional??terima kasih….xie xie ='(

  5. Iris says:

    selamat siang, maaf apakah saya bole minta bantuan, saya mahasiswi yang semester6, saya lagi pusing cari jurnal-jurnal buat metpen,
    bu.. apakah ibu punya website indonesia yang bisa bantu g cari
    dan apakah ibu punya jurnal-jurnal yang bisa bantu g, yang tentang penerapan E-commerce dalam bisnis indonesia.
    Thank u.

  6. iris_ng says:

    Alo… selamat siang bu,

    kok gak balsa g ne…

    g bisa minta model dan hipotesisnya gak?
    krn g udah baca tp dalamny gak ada hipotesisnya, dan model-modelnya

    pelease help me

  7. dhie says:

    selamat malam…
    maap sebelum na, saya mahasiswa akt yg sedang mengurus skripsi dengan topik tentang analisis perbandingan perusahaan pengguna e-commerce dan yang belum menggunakan e-commerce, saya butuh data laporan keuangan dari 30 sampel perusahaan e-commerce..
    klo ibu bs bantu saya or ada info, tolong kirim ke email saya..
    terima kasih banyak =)

  8. arafah says:

    saya mo minta artikel atau jurnal akuntansi yang berhubungan dengan -commerce bisa kan.
    terimakasih

  9. arafah says:

    saya cuma mo minta tlg dikirima artikel atau jurnal akuntansi yg berhubungan dengan e-commerce bisa kan?

  10. nenny says:

    salam kenal bu…
    saya tertarik sekali dengan penelitian ibu tentang e commerce.
    kalau boleh, saya ingin menjadikan tulisan ibu sebagai salah satu sumber data saya..
    kalau boleh juga ya bu.. dan bila ibu berkenan, saya mau minta tolong, apa bisa ibu memberi saya bahan-bahan baik judul buku, artikel lainnya tentang e commerce atau e payment..
    terima kasih sebelumnya ya bu…

  11. dwi says:

    Selamat siang ibu,
    sekarang ini saya sedang ingin menulis tesis tentang e-commerce. Tapi saya masih bingung tentang judul dan bahan yang saya miliki masih sangat minim. kalau diperkenankan, saya ingin meminta bantuan ibu untuk memberi saya bahan-bahan yang berhubungan dengan e-commerce ini.
    Terima kasih saya ucapkan sebelumnya.

    • yani Riyami says:

      met kenal bu…saya juga mau menulis tesis tentang e-commerce ato e-business tapi bingung judulnya dan penelitianya tentang apanya…bisa di bantu ga bu????

  12. zelika says:

    bu, blh mnt tlg menentukan judul yang topiknya pengaruh perkembangan electronic ecommerce terhadap akuntansi

  13. agus muji says:

    Jika saya baca penelitian-penelitiannya bagus. Dan sudah agak lama saya mengenal web ini. Jika boleh usul, apabila telah dipublikasikan artikel tersebut diberi juga keterangan dimana publikasinya, sehingga dapat dijadikan sebagai referensi. Salam hangat, semoga suatu saat dapat ketemu dalam penelitian bersama. Terima kasih.

  14. Tina says:

    selamat siang bu..
    saat ini saya akan skripsi, saya tertarik untuk mengangkat tema e commerce.
    apa bisa saya mengambil data sekunder untuk tema ini?

Leave a Reply

