Tips Mencari Jurnal Asing.

Bagi rekan-rekan mahasiswa Akuntansi STIE Perbanas Surabaya yang tercinta,

Pada hari, tanggal: Selasa, 27 Maret 2007 saya diminta oleh Bapak Santoso (salah satu pegawai perpustakaan STIE Perbanas Surabaya) untuk memberikan tips tentang bagaimana kiat2 mencari jurnal asing agar lebih mudah. Peserta tidak terlalu banyak … hanya 6 orang … dari sekitar 100 orang mahasiswa Akuntansi yang pada Semester Genap 2006/2007 ini menempuh skripsi. Mengapa acara ini tidak diminati oleh mahasiswa jurusan Akuntansi STIE Perbanas?? Apakah mereka kesulitan atau terlalu mudah mencari jurnal asing???  Padahal perpustakaan sudah menyediakan fasilitas lengkap, salah satunya adalah penyediaan fasilitas EBSCO untuk searching jurnal Asing.

Marilah kita gunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh Perpustakaan STIE Perbanas untuk meningkatkan kualitas tugas akhir/skripsi anda ……

Memang  ……. Membuat tugas akhir/skripsi yang berkualitas tidaklah mudah, butuh banyak waktu untuk mencari literatur2 yang terkait dengan penelitian kita. Namun ada tips sederhana bagi anda mahasiswa Akuntansi untuk mencari literatur asing sebagai rujukan yaitu:

  1. Tentukan dulu tema penelitian anda apakah masuk kategori penelitian Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi, Auditing, Perpajakan atau lainnya. Hal ini diperlukan karena beberapa Jurnal2 asing mengelompokkan tema yang diteliti, jadi ini sangat memudahkan peneliti. Misalnya jika anda mengambil topik tentang sistem informasi anda bisa melihat pada MIS Quarterly atau Journal of Management Information Systems.
  2. Carilah juga kata kunci dari penelitian tersebut untuk pencarian jurnal asing.
  3. Catat juga referensi2 dari jurnal penelitian yang kita jadikan acuan untuk mencari artikel2 dalam jurnal asing sebagai bahan komparasi.
  4. Untuk teknis bagaimana Searching Journal di EBSCO …. bisa menghubungi Pak Santoso (beliau ini orang sabar dan suka menolong lho ….)

Selamat mencoba … dan jangan pernah patah semangat untuk belajar dan belajar ….

Berikut saya upload juga … kelompok jurnal2 asing menurut topik penelitian dan semoga bermanfaat.macam2-jurnal.ppt

About Luciana Spica Almilia

Peneliti dan Dosen Tetap Jurusan Akuntansi (STIE Perbanas Surabaya)
This entry was posted in Tips Bagi Mahasiswa. Bookmark the permalink.

21 Responses to Tips Mencari Jurnal Asing.

  1. Prayogie says:

    Dari banyak teman2 saya angkatan 2004 yang saya tanyai satu2.Alasan kenapa para mahasiwa jarang menggunakan fasilitas EBSCO karena jurnal yang tersedia menggunakan bahasa Inggris, mungkin karena males translate jadi jarang yang menggunakannya. Sayang sekali padahal Perbanas sudah keluar banayak dana untuk langganan EBSCO. ^_^

  2. wah!bagus banget ni forum untuk kemajuan pendidikan di indonesia ,saran aja kalo bisa menampilkan banyak artikel bukan hanya masalah ekonomi tapi lebih lauas lagi.ok thanks

  3. maha-awank says:

    he! mbak kasih tau aku donk! hukum nya uploadkan file-file jurnal diblog?
    aku biasa cari’in mahasiswa jurnal, jurnal apapun dan dari mana aja wis! aku bisa masukin.tapi aku belum tau hukumnya bila aku uploadkan, aku punya kumpulan jurnal banyak. kan kalau aku uploadkan bisa bantu mahasiswa indonesia! tlng ya cari tau kalau perlu tanyakan dosenmu.

    kl u masuk ke blogku,maaf aja klu nggak karu-karuan maklum baru blajar bikin blog?

  4. maha-awank says:

    menanggapi pak yusfi.
    oke pak jurnal tentang apapun kita bisa bantu kok!
    oh ya kita kirim lewat email kalau ada yang mau, jurnalnya gratis kok

  5. dwilicious says:

    wah blog ini bagus banget, sangat membantu mencari referensi buat skripsi.

    saya pasti akan kunjungi secara reguler (at least sampai lulus)

    tonikaku, domo arigatou gozaimasu😀

  6. Pitra Prasetya Wibowo says:

    Selamat Siang….

    Sya alumni perbanas angk tahun 2001 jurusan akuntansi. terobosan yg sangat luar biasa yang telah dilakukan oleh Mbak Lusy (gpp kan dipanggil mbak, biat awe muda🙂 ). dengan demikian bisa membantu mahasiswa pada khususnya didalam pembuatan skripsi dan alumny pd umumnya jika ada tugas kantor atau alumny yg melanjutkan study. Dlu saya skripsi sampai mumet cari jurnal… Oke deh Bravo buat STIE Perbanas Surabaya… Saya bangga jadi Alumni Perbanas Surabaya…

  7. STEFANI K. S says:

    nama saya stefani kartika sari, mahasiswa akuntansi univ sebelas maret surakarta angkatn 2004,gpp kan ikut gabung.
    makasih sebelumnya

  8. ika says:

    Wow…blognya keren, Bu! Saya mahasiswa univ atma jaya jogja yang juga lagi mulai nyusun skripsi n cari2 ide buat topik skripsi. Ikutan gabung ya..
    Salam kenal buat Ibu hehe…

  9. stenny says:

    mbak luciana,

    bisa minta tolong tentang kumpulan jurnal pajak mengenai controlled foreign company (CFC) ga?
    adikku lagi buat skrip tentang itu…

    tq alot ya mbak…
    stenny
    depok

  10. anastasia says:

    Bu saya mahasiswi UWM..mau nanya tentang paper ibu yang kepemilikan manajerial itu dapat 0,1 -0,14 % dan 0,75& tentang kepemilikan dari mana? truz data tentang kepemilikan manajerial darimana?

  11. Yelyu Rahmanita says:

    Salam kenal ibu Lucy….
    Bu saya mahasiswa Maksi STIE Swadaya… aku boleh minta no HP Ibu nda? aku sharing tentang kuliah aku… Thx ya ibu (021)-95002835

  12. dayu says:

    bgaimana cara memanfaatkan EBSCO?

  13. Look from the inside says:

    Salam kenal ibu Luciana
    saya mahasiswa dari Perbanas Jakarta jurusan akuntansi..saya sekarang ini lagi manyusun skripsi.. saya agi kesulitan bu untuk mencari jurnal dalam bahasa inggris.. Subyek saya tentang pp No 5 tahun 2003 dan PP no47 tahun 2003..mungkin ibu bisa membantu…. Thanx ya bu…

  14. nia says:

    Salam Kenal Ibu Luciana..

    Saya Nia, Mahasisiwi FE Unsyiah .. saya tertarik dengan penelitian ibu tentang kelengkapan pengungkapan dalam laporan tahunan. saya bermaksud untuk meneliti tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi kelengkapan pengungkapan Juga tetapi menggunanakan Variabel independen non keuangan. nah saya bingung banget nich bu’ variabel apa yang berpengaruh trus ditambah juga masih Teori serta artikel pendukung yang sulit didapatkan..

    saya berharap ibu dapat membantu saya,, kira-kira Variabel apa yang dapat saya gunakan ?

    Pliz Ibu’.. Bantuin saya yach..

    Semoga ibu sukses selalu…

    Terima kasih saya ucapkan…

  15. Fitri says:

    saya mahasiswa dan mau segera menyusun skripsi. saya tertarik pada 2 jurnal berikut Ibu,,, tapi saya kesulitan untuk mendapatkannya. mohon bantuan ibu,,,

    1. the influence of agency cost on dividend policy in an emerging market: evidence from the dhaka stock exchange, university of Leeds. pengarang: A. Sabur Mollah, Keasey K., Short H., tahun 2000.

    2. Determinants of corporate dividend policy: a factorial analysis. the financial reviews. vol,28. 523-547. pengarang: K.L. Alli, Khan A.Q.,Ramirez G.G., tahun 1993

    Terima kasih sebelumnya.

  16. wahid says:

    Bu, boleh saya minta jurnal :
    Fowler, D. J. dan C. H. Rorke, 1983, “The Risk Measurement When Shares are Subject to
    Infrequent Trading”, Journal of Financial Economics 12, pp. 279-289

    saya sangat membutuhkannya. Terima kasih

  17. Fransiska Silaban says:

    Salam kenal ibu, saya mahasiswi undip, mau nyususn skripsi. Minta tolong pedapatnya, kira2 tema aditing yang lagi “on” tahun ini apa ya bu? Trus kalo yang akuntansi internasional dan akpril kira-kira tema apa yang menarik?? Makasih ibu…

  18. Ajiel says:

    Salam kenal Ibu Luciana,

    Saya jilfa mahasiswa STIE Perbanas jurusan akuntansi angkatan 2007,,
    Bu..kira2 akuntansi sosial yang berkaitan dengan keuangan itu apa ya Bu..?
    Soalnya kalau nyusun skripsi nanti saya pengen ambil judul yang berkaitan dengan akuntansi sosial..

  19. Ajiel says:

    O iya bu..

    Sebelumnya Terima Kasih,

    Semoga ibu sukses slalu…….

  20. alen says:

    ibu,, sy alen kurniawaty mahasiswi stie perbanas akt.07..

    saya mohon bantuan jurnal / artikle pendukung mengenai pengaruh kinerja keu dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

    terimakasih sebelumnya.

    regards.
    alen

  21. bung says:

    bu salam kenal saya mahasiswa manajemen dakwah uin yogya, tolong minta bantuannya jurnal ttg perusahaan go public. Nyarinya g ngerti di ebsco . Terimakasih subur

Leave a Reply

