Pengujian Size Hypothesis dan Debt/Equity Hypothesis yang Mempengaruhi Tingkat Konservatisma Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tehnik Analisis Multinomial Logit

Penelitian ini telah dipublikasikan pada Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 7, 1 April 2005.

Abstract: 

This research has a purpose to provide empirical evident about political cost hypothesis and debt/equity hypothesis. Political cost  hypotesis said that some firms that are more vulnerable to political cost than the others manage income downward to avoiding the attention of government and regulator. Debt/equity hypothesis said that the larger the debt/equity ratio, the more likely the firms is to increase current period reported earning or optimist financial statement .

The conservatism proxy used in this research is first, accruals obtained from differences between net income and cash flow. Second, market to book value ratio. The statistic method which is used to test on the research hypothesis is Multinomial Logit.The result of research shows that: first, the small firms are more politically sensitive than larger firms or financial statement more conservative. Second, the larger a firms debt/equity ratio, the more likely the firm’s manager is to report financial statement more optimist. 

Keywords: financial statement conservatism, political cost, debt/equity ratio, multinomial logistic.

Artikel Lengkap dapat didownload disini -> artikel-konservatisma.pdf

About Luciana Spica Almilia

Peneliti dan Dosen Tetap Jurusan Akuntansi (STIE Perbanas Surabaya)
This entry was posted in Publikasi Penelitian Akt Keuangan - Jurnal. Bookmark the permalink.

6 Responses to Pengujian Size Hypothesis dan Debt/Equity Hypothesis yang Mempengaruhi Tingkat Konservatisma Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tehnik Analisis Multinomial Logit

  1. putra says:

    ibuk, saya mau nanya mengenai konservatisma, apakah ada perbedaan antara konservatisma dan konservatisme? karna sebagian penelitian mengggunakan konservatisma dan ada jugayang konservatisme.
    kemudian dalam penelitian konservatisma ibuk menggunakan rasio market to book, rasio tersebut alat ukurnya apa? apa bener rasio market to book itu satu dibagi dengan price book rasio?
    mohon bantuannya
    terima kasih

  2. ima says:

    salam kenal ibu luciana…
    saya mahasiswi akuntansi UNSOED,saya tertarik dengan konservatisma akuntansi untuk menyelesaikan tugas akhir saya…
    tapi saya masih bingung mengenai political cost hypothesis…klo dilihat dr jurnal ibu..terdapat berbagai variabel independen yaitu diantaranya size perusahaan,risiko perusahaan,intensitas modal, rasio konsentrasi…yang saya bingung apakah variabel-variabel tersebut merupakan proxy daripolitical cost hypothesis..
    makasih y bu…

  3. siswanto says:

    salam kenal ibu luciana…………
    saya mahasiswa UMY, saya tertarik dengan penelitian
    ibu mengenai pengujian size hypothesis dan debt/equity hypothesis………, tetapi saya belum tahu arti dari size hypothesis dan debt/equity hypothesis, untuk itu kiranya ibu mau berbagi ilmu dengan saya deng memberi tahu arti dan apa yang dimaksud……………..sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  4. wilda says:

    bu, saya mahasiswa UNAND. saya sedang meneliti mengenai conservatism untuk skripsi. saya ingin menanyakan tentang pengukuran conservatism yang ibu gunakan.Net Income yang digunakan adalah NI sebelum depresiasi dan amortisasi, jadi apakah kita harus menambahkan NI dengan beban amortisasi dan depresiasi (NI+Depresiasi+amortisasi)???? sebelumnya terima kasih.

  5. yusuf says:

    saya mahasiswa STIE Malangkucecwara MALANG, saya tertarik dengan penelitian ibu yg berjudul “pengujian size hypothesis dan debt/equity hypothesisi yang mempengaruhi tk ……”
    sy blom mngetahui arti size hypothesis dan debt/equity hypothesis? mohon penjelasannya dan jg teknik analisi multinomial logit seperti apa??
    trima kasih atas perhatiannya dan bantuannya?

  6. anna says:

    salam kenal ibu… saya mahasiswa UIN jakarta saya masih belum mengerti mengenai pengertian political cost hypothesis itu sndiri dan apakah ini berbeda dengan political cost (tanpa hypotesis)… dan untuk pengukuran political cost memakai proxi apa saja?? sebelumnya saya ucapkan terima kasih….

Leave a Reply

