Dosen Ekonomi NgeBlog ….. Siapa Takut

Tulisan ini saya buat ketika saya membaca ulasan dari pak Rohmat Sarman tentang Review Blog Dosen Ekonomi.  

Coba tengok ulasan beliau -> http://www.rohmat.web.id/?p=50 

Menarik juga ulasan beliau (bukan karena blog saya dibahas juga oleh beliau lho ….), tapi kalimat terakhir dari ulasan beliau itu yang cukup menarik …. mengajak dosen Ekonomi untuk ngeblog. So …. Dosen ekonomi Nge-blog ….. siapa takut!!!

Ketertarikan saya untuk ngeBlog adalah ketika kami dari jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya mengundang bapak Romi Satrio Wahono, dalam rangka Kegiatan PHK A3 jurusan Akuntansi STIE Perbanas untuk berdiskusi ttg IT awareness lulusan jurusan Akuntansi dan tentu saja menjelaskan ttg buat blog.

Awalnya saya sempat bingung juga, apa ya yang akan saya sampaikan dalam blog ini …. hhmmm saya berpikir ….. apa ya?? Akhirnya ada ide untuk mencoba publikasi kembali penelitian saya yang sudah saya publikasikan ke Jurnal …. Itung2 bisa bantu mahasiswa untuk penyelesaian tugas akhir mereka. Dan ternyata …. banyak komentar dari para mahasiswa untuk turut serta menyertakan artikel lengkapnya … Wah senang juga ternyata blog yang saya bikin tidak sia-sia deh. Dan akhirnya sampai sekarang jadi hobby je …. Karena kita bisa tuliskan ide-ide kita disini …. apalagi kalo bisa bantu banyak orang he he he

Nah buat bapak/ibu Dosen Ekonomi, buat blog nggak sukar lho he he he coba aja … Dijamin langsung ketagihan he he he Karena dengan Blog, kita bisa sharing juga lho dengan sesama dosen or rekan-rekan yang lain. SO ….. DOSEN EKONOMI NGEBLOG …. SIAPA TAKUT.

About Luciana Spica Almilia

Peneliti dan Dosen Tetap Jurusan Akuntansi (STIE Perbanas Surabaya)
This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

8 Responses to Dosen Ekonomi NgeBlog ….. Siapa Takut

  1. Hehehe… ini harus jadi Viral bu… biar temen dosen yang lain ngeblog!… siip lah…

  2. ichsanmufti says:

    Wah, mungkin para dosen pada teriak bareng abis baca ini.. “Siapa sempaaatt!!” kata mereka. :p

  3. Dear pak Rohmat Sarman,
    Siap pak!!

    Dear Mas Ichsan
    Terimakasih mas Ichsan atas kunjungan ke Blog saya, sayu juga sudah berkunjung ke blog mas Ichsan. Saya juga sudah link blog mas Ichsan ke Blog saya. Sukses selalu ya.
    He he he betul banyak rekan saya juga komentar serupa … NGEBLOG?? MANA SEMPAT??

  4. ririsatria says:

    Masa sih nggak sempat ? … atau saya kali yang kurang kerjaan … ha ha ha …🙂

  5. Deddi says:

    Bagus Bu Dosen….
    oooo Ibu Dosen Toh, salam Hormat Bu..
    Saya ex Mahasiswa Akuntansi UMB (universitas Mau Bubar… eh Universitas Mercubuana Jakarta)

    Mengenai peningkatan ‘IT awareness lulusan jurusan Akuntansi’ emang kudu Bu Dosen, sebab sampai belakangan ini saya terjun di dunia kerja, banyak Fresh Gre… yang masih ‘primitif’ banget ama yang namanya Komputer …
    menjalankan Excel aja masih keringat dingin, bagaimana mengaplikasikanya menjadi program accounting sederhana atau mengoperasikan software khusus accounting … wuiiih makin pucat mereka…

    Sebagai curhat saja, Saya pernah membawa Mr. Fadel dan Mr. Farhad (Programer dan PResdir Zahir Accounting) ke Mercubuana untuk memberikan pelatihan dan penyadaran tentang akuntansi berbasis komputer, wah.. susah lho bisa mendatangkan mereka, tapi emang dasar kesadaran masih kurang, kedua Tamu tersebut hadir menjadi sia-sia, tanpa ada follow up dari Mahasiswanya hingga saat ini…. jadinya basi Bu…

    Padahal saat itu Mr Farhad bersedia memberikan training dan software gratis bagi UMB…

    Jadi, memang butuh kesadaran sebenarnya Bu Dosen, But kesadaran ‘menggilai komputer’ juga bisa dipancing seperti yang dilakukan Bu Dosen ini…. kan jadi dicontoh sama Mahasiswanya… setelah ikutan Ngeblog, kan jadi akrab sama yang namanya komputer…. tapi jangan kaya saya Bu Dosen…. saking akrabnya sama komputer jadi doyan m’rogram.. eh accountingnya malah saya tinggalin…. hehehehe… jadi PHP – ASP Mania deh…..😉

  6. Ahmad Kurnia says:

    Setuju Bu Luci,
    Dosen wajib ngeblog dan ternyata saya juga mengalami kesulitan seperti rekan-rekan dosen yang lain. Rekan saya malah belum tahu ngeblog dan kampus-pun belum bisa menyediakan komputer/laptop yang layak dan terjangkau. Makanya saya sangat iri pada dosen negeri yang mendapat bantuan laptop dari rektoratnya dengan mencicil.
    Padahal sebuah keharusan bagi seorang dosen untuk menuangkan pemikiran profesional-nya dalam sebuah tulisan sehingga nggak usah ada sertifikasi segala, tapi ngeblognya bukan sekedar curhat semata tapi ada nilai e-learning bagi mahasiswa yang bisa menjadi media perekat dosen dengan mahasiswanya. Mungkin materi perkuliahan tinggal meng-download di blog kita termasuk silabus dan kisi-kisi perkuliahan. Masalahnya bu, tidak semua dosen kenal komputer secara mendalam, selain tidak semua dosen bisa mengakses internet dan tidak semua dosen punya komputer dan tidak semua perguruan tinggi yang mendorong dosennya untuk pro-aktif dengan e-learning.
    Tapi tidak sulit, buktinya saya tiga bulan bisa otodidak belajar ngeblog dengan sambil lalu kalau ada waktu. Mungkin dorongan bagi dosen yang expert marilah kita buat koloni ilmiah yang saya kira sangat positif bagi peningkatan kualitas ilmiah para dosen.
    Sekali lagi saya sangat mendukung anda.
    Ahmad kurnia elqorni
    http://akur-stbajia.blogspot.com atau
    http://inohonggarut.blogspot.com

  7. indra rahmadi s says:

    seandainya semua dosen, dan kalangan akademisi berpikiran seperti ibu, saya yakin pola pikir generasi ini jadi moderat dan gak tradisional seperti sekarang ini. Maju terus bu dan temen2 ibu yang sepemikiran.
    Bu, saya jg mau nanya, dmn ya saya bisa dapatkan jurnal ekonomi bisnis indonesia untuk edisi-edisi yg telah lewat? atau kalau mau berlangganan gmn caranya ya bu?

  8. Pingback: Selamat datang di Web site Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas PASUNDAN

Leave a Reply

