Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Go-Public dengan Menggunakan Analisis Multinomial Logit

Penelitian ini telah dipublikasikan pada Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. XII No. 1, Maret 2006 

Abstract:This research aims at providing empirical evidance on factors that affect  financialy distressed  firms. This study examines the role of financial ratio in predicting the accurance of financial distress in the context of Jakarta Stock Exchange.The samples consist of 43 firms with positive net income, positive equity book value and still listed until 2001; 14 firms with negative income from 2000 to 2001 and still listed; and 24 firms with negative income and negative equity book value from 2000 to 2001 and still listed. Multinomial logit regression is used to test the hypothesis. It is hypothised that financial ratio from  statements of income, balance sheet and statements of cash flow can use to predict  financial distress firms. This study use three models to examine examines the role of financial ratio in predicting the accurance of financial distress in the context of Jakarta Stock Exchange The finding of this research that financial ratio from  statements of income, balance sheet and statements of cash flow (CATA, TLTA, NFATA, CFFOCL, CFFOTS and CFFOTL) are significant variables determining  financialy distressed  firms. 

Keywords: financial distress, financial ratio, statements of income, balance sheet, statements of cash flow, multinomial logit. 

Artikel Lengkap dapat didownload disini -> artikel-financial-distress-arus-kas-multinomial.pdf

About Luciana Spica Almilia

Peneliti dan Dosen Tetap Jurusan Akuntansi (STIE Perbanas Surabaya)
This entry was posted in Publikasi Penelitian Akt Keuangan - Jurnal. Bookmark the permalink.

40 Responses to Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Go-Public dengan Menggunakan Analisis Multinomial Logit

  1. hayatul millah says:

    Dengan hormat,
    saya hayatul millah, memerlukan penelitian ini diperlukan sebagai referensi skripsi saya, untuk itu saya mengajukan permohonan untuk dikirimi jurnal ini.

    Hormat saya,

    hayatul millah

  2. Dear Hayatul Millah.
    Kamu bisa klik artikel langsung dari Blog ini …. selamat meneliti.

    • siti fauziah says:

      assalamualaikum
      ibu saya zi, saya sedang nyusun skripsi dengan tema financial distress, tapi saya mau menambahkan variabel makronya, dari sekian banyak yang telah saya baca, saya belum mendapatkan peneliti yang menggunakan variabel makro juga sebagai variabel x nya, sehingga sampai saat ini, saya belum mendapatkan landasan teori dari variabel x yang saya tambah

  3. nia says:

    dengan hormat,
    saya sedang menyusun skripsi tentang Financial distress, dan saya sangat perlu jurnal terkait Financial distress oleh Asquith, Altman, lau dan Whitaker. mungkin ibu Luciana Spica Almilia punya beberapa artikel berikut. saya sudah coba cari melalui internet tapi sangat sulit karena harus bayar dan saya tidak punya dananya.
    terimakasih.

  4. Wisnu says:

    Bu….minta aslinya ya…..di kirim ke email saja.saya mahasiswa politeknik negeri Malang jurusan akuntansi,membutuhkan jurnal penelitian untuk referensi Tugas akhir.terima kasih…..

  5. rian says:

    saya sedang mencari artikel mengenai jurnal pordema dan jurnal media akuntansi tolong di bantu

  6. Mina says:

    maaf bu..minta bantuan untuk skripsi saya.masih kurang literatur untuk pembahasan hubungan informasi akuntansi dg perubahan harga saham.kira2 apa saja literatur yg pas,dan kira2 ibu punya jurnal terkait itu..mohon bantuan informasi dan jurnalnya..terima kasih

  7. rita says:

    Bu Amalia
    Saya membaca artikel yang di tulis oleh Sunti Tirapat mgn penelitiannya thd Financial Distress yang dikaitkan dengan variabel makro dan mikro .. apakah ibu punya referensi mengenai penelitian spt itu yang pernah dilakukan utk kasus Indonesia ? terimakasih sebelumnya atas respon yang diberikan

  8. Merry says:

    Dengan hormat,
    Saya sedang menulis skripsi mengenai financial distress dengan jurnal acuan yang ibu Almilia buat. yang ingin saya tanyakan saya tidak bisa memahami dengan sepenuhnya maksud hipotesis 1 & 2 yang Ibu buat.lalu ketika Ibu menggunakan analisis manova, model manova seperti apa yang Ibu pakai?satu lagi sektor perusahaan apa yang Ibu pakai karena di jurnal hanya tertulis perusahaan go-public?
    terimakasih…

  9. hadi says:

    bu, saya minta jurnal akuntansi keuangan buat kerjakan skripsi saya. saya mohon dikirim ke email saya ya!TERIMA KASIH

  10. Adelia says:

    Hi Ms. Lucy,

    Firstly, let me introduce myself. I am Adelia & currently still preparing my final thesis regarding bankruptcy prediction model. I have a plan to apply Altman & Zavgren model to a particular industry in Indonesia. Unfortunately, I could not obtain journals or articles related to the second bankruptcy prediction model. If there is any, could you please email me or just send me the link to website where I could gather comprehensive information regarding the Zavgren (Logit) model.

    Thank you for your kind attention.
    Your responses are highly appreciated.

    Warmest Regards,
    -Adelia-

    • nuri says:

      Bu Luciana, saya mau minta tolong…….

      Saya nuri slah satu mahasiswa perguruan tinggi di Solo, saya sedang menulis skripsi tentang prediksi kebangkrutan dengan perbandingan model analisis z-score dan zavgren…..
      Saya kesulitan mencari jurnalnya, dan bagaimana cara menentukan perusahaan itu bangkrut apa tidak dengan model zavgren……..

      Tolong ibu kirim jurnal maupun artikel mengenai judul yang saya buat itu…

      terima kasih………

  11. danang says:

    dear Ms. Luciana
    saya sedang menyusun skripsi dengan tema financial distress mengacu pada jurnal yang ibu buat. tapi saya mengalami kesulitan dalam menyusun kerangka berpikirnya,mohon saran dari Bu Luci.lalu apakah sektor perbankan dan keuangan disertakan dalam sampel penelitian tersebut?
    terimakasih…

  12. melli rahayu says:

    bu saya meneliti tentang manfaat laba dan arus kas dalam memprediksi financial distress pada perusahaan yg listng di bej saya ingin referensinya, saya sangat butuh bu terus terang saya mash bingung

  13. rhesty says:

    hallo bu….
    saya mau minta bantuannya mengenai multinomial logit atau regresi multinomial logistik. saya minta penjelasan tentang multinomial logit.terusterang saya masih bingung dan saya cari literaturnya belum ada,jadi pusiiing !!!! bgt.

    judul skripsi saya insya Allah, prediksi financial distres menggunakan analisis multinomial logit.

    mohon bantuannya ya bu…..thanks for all.

    please…..

  14. dewi says:

    hello ms. Luciana….
    saya sedang merencanakan menyusun skripsi dengan tema finansial distress, saya mau minta bantuannya untuk ulasan finansial distress lebih lengkap, khususnya bila meninjau dari aliran kas dan laba. saya berharap ibu berkenan menanggapi dan mengirimkan ke email saya.
    terima kasih banget sebelumnya…

  15. lidya says:

    hy ms. luciana
    saya ingin menyusun skripsi mengenai financial disterss tapi saya belum mengerti mengenai multinominal logit…mohon bantuannya bu, saya berharap ibu mau menanggapinya melalui email saya…selain itu saya juga ingin mengetahui mengenai apa saja indikasi suatu perusahaan sedang mengalami financial distress…
    terima kasih sebelumnya…

  16. Madya says:

    saya mahasiswa yang sedang meneliti tentang analisis financial distress dengan menggunakan z-score model altman, bisa tolong dibantu unutk dapat artikel tentang itu.

  17. Fitria says:

    Ibu Luciana,

    Saat ini saya sedang membutuhkan jurnal “Predicting corporate financial distress: Reflections on choice-based sample bias” oleh H.d Platt & M.B Platt..Boleh ga saya minta dikirimkan pdf. nya?? atau biasanya ibu akses jurnal online itu kemana sih?? saya kesusahan loh bu untuk akses jurnal2 yang ibu taro sebagai referensi di setiap jurnal yang ibu publikasikan..terima kasih..

  18. Margareta Harianja says:

    dear Miss Almilia,

    Saya Margareta Harianja. Saya mahasiswa fakultas ekonomi USU. Saya mohon kepada Anda untuk mengirimkan satu copy jurnal analisis multinominal logit sebagai bahan referensi saya dalam penelitian saya. Terima kasih

  19. Kukuh Kridantoro says:

    Mohon maaf sebelumnya, saya mahasiswa Universitas Jember
    mohon bantuannya mengenai topik tugas akhir saya yaitu model linier tergeneralisir dengan link probit dan logit
    kebetulan saya mendapatkan metode ini tapi saya bingung mau diterapkan pada permasalahan apa
    terima kasih, bila berkenan mohon dikirim ke alamat email saya

  20. Bobby Nugraha says:

    Yth Ibu Amalia,
    Saya mahasiswa Universitas Mataram. Saya sedang menulis jurnal mengenai prediksi financial distress dengan menggunakan logistic regresion.
    Saat ini saya membutuhkan referensi tambahan untuk penelitian terkait. Saya mohon ibu bersedia mengirimkan (attach file) jurnal tersebut ke email saya : nugraha.bobby@yahoo.com. Atas perhatian Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

  21. yolanda says:

    yth Ibu Almilia

    saya adalah mahasiswi universitas surabaya. saat ini saya sedang menyusun skripsi tentang financial distress. saya sangat tertarik sekali dengan jurnal penelitian ibu yang berjudul “prediksi financial ditress perusahaan go publik dengan menggunakan analisis multinomial logit.”

    namun saya lebih memfokuskan penelitian saya pada analisis rasio dari laporan keuangan arus kas, yang seperti ibu teliti pada jurnal tersebut. tapi saya tidak menemukan jurnal atau buku yang membahas tentang rasio dari laporan arus kas.

    sehingga saya sangat membutuhkan bantuan ibu almilia tentang artikel yang membahas tentang rasio arus kas. jika ibu tidak keberatan tolong ibu memberikan saya referensi jurnal atau buku yang membahas tentang rasio arus kas. terima kasih banyak sebelumnya bu.

    yolanda Ps
    (yu_lan_da@yahoo.com)

  22. myok says:

    salut buat ibu luciana….bagaimanapun dengan bloga ini banyak membantu dalam mencari referensi akuntansi…SEMANGAT..mohon untuk ditambah artikel-artikel public sector accounting ya ibu….

  23. dewi says:

    Dear, Bu Almilia
    Bu.. bolehkah sy tau darimana ibu dpt referensi buku tentang Multinomial Logit?, tesis sy menggunakan itu namun referensi sy ttg multinomial logit masih kurang.
    makasih byk sblmnya…

  24. linda says:

    ibu luci saya mo minta tolong, sekarang saya lagi menulis skripsi mengenai financial distress. saya sekarang lagi kebingungan mencari alat ukur untuk ukuran perusahaan selain log total asset. bu mohon bantuannya. plizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz bu. makasih sebelumnya

  25. dina oktavia says:

    bu saya mau tanya apa ada model logit dan regresi logistik itu sama atau berbed? terima kasih…

  26. dyni says:

    dengan hormat,,
    saya sedang membutuhkan jurnal mengenai financial distress,,mohon ibu untuk mengirimkan beberapa jurnal ke email saya..terimakasih buk

  27. poetra says:

    bu saya sedang menulis skripsi tentang Z-score Altman. Akan tetapi saya kesulitan dalam mencari Artkel penerapan Z-score Altman diperbankan Indonesia. Mohon Bantuannya kira-kira Ada tidak Jurnal yang membahas itu?terima kasih

  28. ikhsan says:

    assalamualaikum bu, saya sedang menulis skripsi tentang analisis kebangkrutan ini, bisa g kiriman jurnal jurnal yang berhubungan dengan judul saya tersebut.. dan saya juga bingung cara pekerjaannya, dengan metode altman ataukanh dengan metode2 yang lain.. mintak tolong kirim ke email saya ya buk.

    wassalaam

  29. devinda says:

    saya devi, saya sedang menulis skripsi tentang financil distress,, bisa saya minta tolong sebaiknya selain jurnal2, buku apa ya yang bisa jadi referensi saya untuk menulis tentang topik saya itu.. trima kasih banyak bu..

  30. erwin ady s says:

    saya Erwin, saya hendak maju ujian bulan april ini..

    saya mencoba melanjutkan penelitian Ibu Luciana tentang Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Go-Public dengan Menggunakan Analisis Multinomial Logit, dengan menambahkan periode penelitian 8 tahun (4 tahun untuk periode estimasi dan 4 tahun untuk periode validasi), tetapi menggunakan alat analisis Binary Regresi Logistik..

    Saya ingin menanyakan penelitian ibu ttg penentuan kondisi FD berdasarkan net income 2 tahun berturut2 itu menurut buku / jurnal apa?

    jika ibu tidak keberatan tolong ibu memberikan saya referensi jurnal atau buku yang membahas tentang penentuan kondisi FD tersebut,
    Mohon bantuannya, Terima Kasih

    (ERWIN)
    iszecson@plasa.com

  31. nisa says:

    saya nisa mhasiswi perguruan tinggi di medan, sama spt komentar yg lain…saya ingin melakukan penelitian mengenai financial distress dengan sampel industri food & beverages di BEI, menurut ibu bagaimana? referensi2 apa saja yang dpt membantu saya dlm penyelesaian penelitian tsb dan periode brp sebaiknya?

    jwbnnya bisa lgsung dikrm ke email saya saja,makasih banyak bu’…

  32. tika says:

    Bu Luciana, saya mau minta tolong….

    Saya tika, salah satu mahasiswi pergururuan tinggi di Malang,
    Saya mencoba melanjutkan penelitian Ibu Luciana tentang Prediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Go-Public dengan Menggunakan Analisis Multinomial Logit, disini saya menambahkan periode penelitiannya…

    Yang akan saya tanyakan dalam penelitian ibu ttg penentuan kondisi FD berdasarkan net income&nilai buku ekuitas negatif selama 2 tahun berturut2 itu penentuannya berdasarkan apa? terus penelitian ibuk ini termasuk pada jenis penelitian apa?

    Apabila ibu tidak keberatan tolong ibu memberikan saya referensi jurnal atau buku yang membahas tentang penentuan kondisi FD tersebut, terutama untuk referensi yang dr luar (bhs. inggris).

    Mohon ibu untuk mengirimkan beberapa jurnal ke email saya…terimakasih buk….

  33. tommy says:

    Dear, Bu Almilia
    saya tommy mhasiswa perguruan tinggi di malang, sama spt komentar yg lain…saya ingin melakukan penelitian mengenai financial distress dengan sampel industri rokok di BEI, menurut ibu bagaimana? referensi2 apa saja yang dpt membantu saya dlm penyelesaian penelitian tsb dan periode brp sebaiknya?dan juga saya minta tolong jurnal-jurnal yang membantu kelancaran

    jwbnnya bisa lgsung dikrm ke email saya saja,makasih banyak bu’…

  34. bisma says:

    dear, bu almilia

    saya sekarang lagi bingung dengan langkah2 analisa statistik atas skripsi saya yang mereplikasi dari jurnal yang berjudul ” Prediksi kondisi financial distress perusahaan go publik dengan menggunakan analisis multinomial logit ” itu apa saja langkahnya, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas jawaban dari ibu ..

  35. Febri Ingke says:

    selamat mlam,bu…
    saya mahsiswi jursn akuntnsi keuangan semster akhir..sya sdng mnyusn skripsi dengan tema finacial distress..sya mnliti ttg model prediksi kegagalan bank pasca merger mnggunakan rasio keuangan..
    yg sya ingin tnyakan.apkah ibu pnh mnliti ttg kbngkrtan bank merger?
    sya jg kslitan mncri dta bank merger tsb bu..apkah ibu bs mmbntu?
    trima kasih sblmnya,bu…
    (sya sdh cr dta tsb k BI dan infobank)

  36. wardhani says:

    mba mau tanya refrensi platt and platt 2002, download dmn yah?susah sekali carinya😦
    terimakasihh…..

  37. sandra says:

    dear, bu luciana

    saya mahasiswi jurusan accounting sedang menyusun skripsi, saya meneliti tentang bankruptcy prediction model.saya butuh sekali artikel tentang model ohlson..susah banget nyari artikel tentang ohlson. apa model ini bisa digunakan untuk perbankan jg?? saya juga minta jurnal2 yang berkaitan dengan model tersebut. sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih,smg ilmu ibu tambah bermanfaat untuk banyak orang…tolong dikirim ke email saya ya bu…

  38. Mahadi says:

    dear, bu luciana
    saya mahadi mahasiswa jurusan manajemen di perguruan tinggi di bandung yang sedang mengerjakan tugas akhir, saya berencana akan meneliti Finacial Distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. mohon bantuannya bu untuk mengirimkan beberapa jurnal yang berhubungan dengan judul tersebut. terutama menggunakan z-score model altman.
    terimakasih…….

Leave a Reply

